Pernikahan Adat Batak part 3: Martumpol + Martonggo Raja/Marria Raja


Hello, the bride to be is here!

waktu nulis ini udah H-7 nih. dan sendirian aja di kantor, jadi kita nulis2 aja tentang minggu lalu ya.

Tepat seminggu yang lalu, Sabtu, 31 Januari 2015, aku dan cami menjalani prosesi yang namanya Martumpol. bertempat di gereja, disaksikan jemaat dan Tuhan. intinya sebenernya martumpol itu adalah dua pihak yang ketemu, saling mengikatkan diri di hadapan jemaat dan Tuhan dan dilaksanakan di gereja.

hari itu, pagi2 jam 4 udah bangun siap2 mau makeup jam 5 pagi. di make up-in sama teman SD yang sekarang sedang heitzzzzz make up nya di IG (coba cek IGnya @intanzhou deh). make up nya dia itu nggak norak atau menor dan hasilnya flawless. kalau orang2 bilang saya manglingi (bahasa jawa ya ini?). begini penampakannya:

IMG_20150131_202603[1]oke kaaaann? aku jadi punya hiduung, meski hanya bayangan. haha.

oke lanjut. abis mekap2 langsung ke gereja. si cami udah datang dongg.. langsung beres2 gereja. ga lama dipanggil ke konsistori, ada teks yang harus aku dan cami bacakan di depan gereja. isinya tentang janji kalau aku dan dia sudah sepakat untuk mengikatkan diri dalam penikahan Kristen dan nggak akan bercerai kecuali maut yang memisahkan.

IMG-20150131-WA0005[1]

abis itu acaranya dimulai. kayak kebaktian biasa sih, tapi aku sama cami ga duduk barengan sbelahan. kita duduk terpisah, aku sama keluarga di sebelah kiri, cami sama keluarga di sebelah kanan. pas bacain janji, aku sama cami ke depan altar. trus tanda tangan2 surat perjanjian gitu deh. abis itu orangtua juga tanda  tangan. abis itu saksi juga tanda tangan. kemudiaan, dengerin Firman. dan acara selesai.

Acara berikutnya kata sambutan dari masing2 pihak, trus sesi foto keciil2an dan salam2an, sempet bercucuran air mata sih, tapi ya udah. namanya once in a lifetime gini. abis itu lanjut ke acara keluarga masing2 yaitu martonggo raja/marria raja. sebelumnya makan siang dulu. waktu acara ini, keluarga masing2 ngadain sendiri2. tapi kemarin tempatnya sama2 di gerejaku, karena susah juga ngumpulin orang2 lagi, jadi sekalian di tempat yg sama aja. pas acara aku nggak ikut terlibat. inti acaranya sebenernya bagi2 undangan plus ngatur2 nanti hari H si anu tugasnya apa, si itu tugasnya apa. kadang2 ketemu sama cami, kadang2 masing2. terserah aja sih disini

abis ituuu pulang dehh. dengan beban yang sedikit terangkat, bisa tidur agak tenangan SEDIKIT.

Leave a Reply

