Ilmu Psikologi Dalam Bahasa Seorang Sarjana Psikologi


Good morning!

Pagi ini waktu jalan kaki ke kantor tiba-tiba pikiran melayang soal gelar di belakang namaku. S.Psi. Sarjana Psikologi. masuk UI tahun 2005, diwisuda Januari 2010. Setelah ngalamin jatuh bangun di dunia kerja selama hampir 5 tahun, baru hari ini kepikiran nulis di blog ini tentang si ilmu psikologi, yang kebanyakan orang belum paham apa yang kami pelajari sebagai mahasiswa di fakultas ini.

Saya (berhubung tulisannya agak serius, jadi pake saya aja gapapa ya) tidak akan membahas tentang ilmu psikologi ini dengan cara yang ribet2. kita mulai dari kehidupan sehari-hari aja. lulusan psikologi kerjaannya ngapain sih? ada yang bilang jadi HRD, ada yang bilang jadi dokter yg buka klinik kejiwaan. jadi, begini ceritanya:

1. Psikolog bukan dokter jiwa (psikiater)

dari awal masuk kuliah udah beda. yang masuk kedokteran harus lulusan IPA. yang masuk psikologi lulusan IPS (nggak tau SMA jaman sekarang sistemnya gimana ya, kalo jaman saya sih begini). kedokteran belajar anatomi tubuh manusia secara lengkap dan detail dari ujung kepala sampe ujung kaki. psikologi belajar anatomi hanya otak saja karena dari situlah pikiran berasal, dan pikiran yang menyebabkan tingkah laku inilah yang dipelajari sepanjang kuliah psikologi. nah, kalo dokter, pendidikannya lebih panjang dan ada masa2 koas dsb. setelah dokter umumnya dapet, ambil spesialis kejiwaan, baru jadi dokter jiwa. kalau psikolog lahirnya dari sarjana S1 psikologi, trus ambil profesi psikolog di studi magisternya. abis itu dapet ijin prakteknya.

another thing yang membedakan psikolog sama dokter jiwa (psikiater) adalah treatment terhadap pasiennya. kalau ada seseorang yang datang ke dokter dengan gangguan susah tidur, gelisah, takut mau kemana2, mungkin akan diterapi dengan obat2an. sedangkan psikolog akan lebih mencari akar penyebab dia susah tidurnya apa dari kejadian2 dimasa lampau yg dialami pasien. oleh karena itu kadang terapi ke psikolog membutuhkan waktu yang lebih panjang.

2. kerjaan lulusan psikologi nggak cuma HRD

memang kebanyakan lulusan psikologi kerjanya di HRD sebuah perusahaan. kenapa HRD? karena HRD berhubungan langsung dengan karyawan yang akan bekerja dengan perusahaan tersebut. HRD bisa menilai karyawan cocok atau tidak untuk bekerja di perusahaan. selain itu, HRD juga bertugas menilai kinerja karyawan dan dari situ bisa menentukan apa2 saja yang dibutuhkan karyawan untuk meningkatkan kinerjanya. nah, ilmu psikologi sangat terpakai dalam pekerjaan HRD ini karena pada dasarnya ilmu psikologi belajar tentang manusia, mengenali manusia dari tingkah lakunya. tapiii…. nggak hanya itu saja. semua pekerjaan yang berhubungan dengan manusia pasti membutuhkan ilmu psikologi.

Saya tau beberapa dosen psikologi ada yang jadi pembicara talk show, penulis buku, narasumber untuk kasus2 kriminal, pendiri sekolah, pendiri biro jodoh. beberapa teman ada yang kerja di LSM, di kedutaan, juga organisasi2 tingkat dunia. bahkan, ada pula yang bekerja di rumah, jadi ibu rumah tangga, atau karyawan non HRD dengan bisnis online shop sendiri. or some become bloggers like me🙂

saya nggak pernah menyesal kuliah di psikologi dan belajar psikologi. prinsip saya, apapun pekerjaan yang saya lakukan, selama masih berhubungan dengan manusia pasti menggunakan ilmu psikologi. jadi ilmu ini nggak akan terbuang sia2. meskipun saat ini kerjaan yang saya lakukan nggak ada hubungannya dengan ilmu yang saya pelajari di kuliah, tapi ilmu saya tetap berguna untuk dealing dengan teman2 kantor dan orang2 yang saya temui dalam dunia kerja.

another thing yang bikin bangga punya gelar S.Psi adalah, saya bisa membantu orang lain dengan hanya mendengar atau memberikan saran yang mungkin terdengar sepele, tapi percaya atau tidak, saat ini mulai sulit mencari orang yang benar2 mau mendengarkan (listen) dan memberikan solusi. salah satunya dengan curhat2an di blog ini. banyak orang yang mencari solusi permasalahannya lewat dunia maya. orang mulai lebih nyaman berbagi masalah dengan orang yg tidak dikenalnya daripada orang2 yang ada di sekitarnya saat ini. jadilah saya yang sekarang menulis ini sambil berbagi ilmu dengan pembaca semua🙂

dan tiba2 kehabisan kata2. until next time!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s