Dimanakah penyertaan Tuhan?


Kalau ditanya pertanyaan diatas, wajar kalau manusia memikirkan hal2 spektakuler. Misalnya Tuhan bicara lewat langit yang terbuka dengan suara yang keras, atau Tuhan bicaara lewat orang yang terlahir bisu, atau apapun.

Tapi kalau pertanyaan ini ditanyakan pada saya, penyertaan Tuhan dan cara Tuhan berbicara pada saya lebih ke hal2 sederhana saja. Seperti pada suatu pagi saya berangkat kantor seperti biasanya, lagi jalan kaki asik2 eh ketemu temen barengan. Akhirnya pagi itu saya nggak jalan kaki ke kantor, tapi dapet tebengan tiba2. Simpel, tapi saya percaya itu adalah bentuk penyertaan Tuhan kepada saya. coba aja bayangin kalau hari itu saya berangkat satu menit lebih cepat atau lebih lambat, pasti nggak ketemu dengan temen tebengan itu.

Mungkin saat yang paling sulit untuk menemukan penyertaan Tuhan adalah saat kita sedih dan berduka. saat hal berjalan tidak sesuai kehendak kita. saat sepertinya semua orang meninggalkan kita. saat beban hidup teramat berat. saat Tuhan seperti meninggalkan kita. dan kita pun kesulitan mengerti sebenarnya ada apa dibalik semua peristiwa menyedihkan ini.

Percaya atau tidak, Tuhan tidak pernah meninggalkan kita. Mungkin saat berduka kita menutup diri dan nggak mau terbuka mendengar suaraNya. suaraNya memang terkadang tertutup dengan kebisingan di hati kita masing2. Yang saya yakini, suatu saat akan tiba saatnya dimana hati kita masing2 bisa terbuka dan mau mendengar kembali suaraNya. Hanya waktu yang bisa menyembuhkan.

Tulisan ini dibuat untuk kamu yang sedang berduka, dan seperti kehilangan makna hidup. Memang rasanya sedih ditinggalkan orang terkasih, tapi apapun yang kamu lakukan tidak akan bisa membawa yang hilang itu kembali bukan? biarlah waktu yang menyembuhkan luka hatimu, hingga tiba nanti saatnya senyum akan kembali di wajahmu.

 

DKH

Leave a Reply

