mengapa wanita jatuh cinta pada ide tentang pernikahan


hmmm…. berat banget yah judulnya. hehehe, ini nih akibat dari tadi pagi barusan gw menghadiri prosesi pernikahan sodara sepupu gw. sebenernya nggak ada yang spesial sih, tapi kali ini gw ngeliat prosesi bener2 dari yang belom jadi apa2 sampe mereka di pronounce “Mr and Mrs. Something”. and this little one came up on my mind. mendadak gw mengerti kenapa cewek2 selalu ribut kalo udah ngomongin masalah pernikahan. dari mulai ngomongin baju, dekor, makanan, undangan, dkk sampe akhirnya ngomongin tentang pria idaman masing2 yang diinginkan untuk jadi pendamping sehidup semati kelak. gw sendiri sebagai cewek lajang (dalam arti belum menikah, bukan berarti nggak punya pasangan) menikmati pembicaraan2 macam ini. gw inget waktu kuliah dulu, pernah di kamar kos gw, gw dan dua orang sahabat gw berandai2 di suatu sore tentang pernikahan impian kami masing2.

“gw mau pernikahan yang simpel. garden party, cuma dihadiri keluarga dan orang2 terdekat gw. nggak mau pake pelaminan. gaun gw harus mini dress, pake rangkaian daun2 di kepala” kata okke

“wah, kalo aku maunya sekali aja pacaran, trus nikah. macam mama-papaku dulu. kalo bisa orangnya putih dan cipit, tapi yang penting dia anak Tuhan” kata si cici

“hmmm…. kalo gw pastinya kudu pake pernikahan adat Batak. setelah 2 tahun kerja, baru gw mau ngomongin masalah pernikahan. tapi kalo diajak nikah duluan (waktu itu konteksnya masih kuliah ya) ya boleh2 aja” kata gw

gw juga inget, waktu itu kami bahkan sempet ngomongin masalah urutan siapa yang merit duluan. gw disebut2 merit yang paling pertama, baru kedua orang sahabat gw itu. mungkin karena waktu itu konteksnya gw yang lagi punya pacar kali ya. dan waktupun berlalu. sekarang udah banyak yang berubah, namun mimpi2 kami itu masih ada. dan cenderung tetap sama. dan kami selalu senang membicarakan hal ini.

gw percaya banyak cewek2 di luar sana yang juga menyukai pembicaraan macam ini. buktinya majalah2 nggak berhenti membicarakan konsep2 pernikahan masa kini. novel2, buku2, dan film2 juga menceritakan hal2 yang berkaitan dengan pernikahan. gw rasa hal ini juga yang akhirnya membuat cewek2 lebih menyukai ide tentang pernikahan daaripada pernikahan itu sendiri.

maksudnya? apa ini dua hal yang berbeda? kalo gw bilang sih iya. jadi ide tentang pernikahan itu merujuk kepada segala hal yang berkaitan dengan upacara pernikahan. misalnya gaun, dekorasi, makanan, kue, undangan, bunga, dkk. termasuk hal2 romantis yang terkandung di dalamnya, misalnya pasangan yang memberikan bunga, atau pasangan yang akan memperlakukan kita seperti putri pada hari itu. sedangkan, kalo pernikahan itu sendiri merujuk kepada kehidupan setelah upacara tersebut. misalnya, punya tanggung jawab yang lebih besar, yaitu hidup bukan lagi sendiri, tapi udah berdua, akan ada tanggungjawab2 baru juga misalnya anak2 hasil dari pernikahan tersebut, juga tanggung jawab menjaga hubungan dengan keluarga baru, yaitu keluarga pasangan kita. dan semua tanggungjawab2 lain yang mengikuti. yaahh… nggak salah sih para cewek2 ini jatuh cibta pada ide tentang pernikahan itu sendiri, secaraaa… itu upacara sekali2nya seumur hidup. pasti pengen mempersiapkan sebaik mungkin lah. menurut gw sih itu nggak salah. cuma menurut gw, kadang kita ini suka terlalu berlebihan mempersiapkan upacara ini sampe lupa inti dari pernikahan itu sendiri apa.

menurut gw, inti dari pernikahan itu adalah komitmen dimana dua orang manusia berjanji satu sama lain untuk saling mencintai, menyayangi, menerima, dan bener2 mau menjalani sisa hidup dengan pasangan masing2. marriage is the most ultimate prove of your love. hari ini itulah yang gw liat. kalo seorang laki2 bener2 mencintai seorang perempuan, dia akan memberanikan diri membawa keluarganya kepada keluarga pasangannya, meminta ijin dari keluarga perempuan untuk mengambilnya jadi isterinya, memberikan apa yang disukai si perempuan, mengucapkan janjinya di hadapan Tuhan dan keluarga, kemudian menyematkan cincin sebagai tanda ikatan suci itu. intinya, dalam prosesi itu perempuan melihat kesungguhan seorang pria terhadapnya, dan ini yang lebih penting untuk diketahui, daripada hanya sekedar meriahnya perayaan pesta pernikahan.

selain itu gw juga mau bilang, it doesn’t matter what kind of wedding celebration you have, but the most important thing is you married with the man you love and want to spend your whole life with

 

 

2 thoughts on “mengapa wanita jatuh cinta pada ide tentang pernikahan

    • hahahahhaa…\
      kumpulin duit yg banyak dulu ya BuTikkkkkk……… jangan lupa undang gue dongdongdoonggggggggg

Leave a Reply

