living with TBC


yup. udah hampir sebulanan gw struggling sama penyakit ini. TBC. yang dari jaman SD gw cuma tau itu singkatan dari virus Tuberculosis yang nyerang paru2. selebihnya gw nggak tau apa2. dan nggak nyangka juga bakal jadi salah satu penyandang penyakit ini.

so, apa yang gw rasain? sekitar sebulan yang lalu gw udah mulai batuk2. tadinya nggak berdahak tuh, jadinya gw diemin aja. lama2 jadi batuk berdahak dan gatel banget tenggorokan gw. sampe2 nggak bisa tidur. akhirnya ke klinik dokter umum deket rumah. minum obat semingguan dan gak sembuh2. minggu berikutnya ke dokter internis di rumah sakit. minum obat seminggu dan nggak sembuh2 juga. akhirnya ke internis yang sama, komplain. ehh.. disuruh rontgen. daaaaannn…. begitu ngeliat hasil rontgen, si bu dok ketawa sambil bilang “aduh… ini sih… dapet dari mana kamu, Dian??” laahh???? maksuuddd?? akhirnya si bu dok cerita, kalo dari foto paru2 gw kemungkinan sih TBC, tapi butuh tes2 lain untuk mastiin ini TBC ato nggak. yaudah, 3 hari gw ngikutin tes lagi. tes darah, tes BTA, sama disuntik apa gitu. hasilnya 3 hari kemudian gw divonis TBC tapi dengan hasil BTA negatif. kata bu dok, mungkin kuman2 TBCnya belum sampe bronkus, jadi negatif. tapi bu dok bisa yakin gw TBC krn udah dikasih obat2 TBC selama 2 minggu dan memang kondisi gw lumayan. soo… gw juga bingung. gw TBC dengan hasil BTA negatif. yaahh pokoknya gw sekarang rutin minum obat selama 6 bulan deh. kata bu dok, sebulan lagi gw foto rontgen lagi. mau liat ada perubahan apa lagi di paru2 gw. hhmmm…….

pas didiagnosis kayak gitu, gw takut setengah mati loh. secara nggak tau samasekali ini penyakit apaan. gw gak tau juga dapetnya dari mana. tapi setelah sebulanan ini gw jadi tau lebih banyak, kekhawatiran gw hilang sudah. gw tau bahwa ada banyak orang di sekeliling gw yang pernah kena TBC. abang kandung gw sendiri pernah kena waktu dy SMA. bokapnya temen gw juga. sodaranya temen gw juga. banyak deh, dan mereka bisa kok sembuh dan baik2 aja sekarang. ini yang bikin gw optimis akan bisa melewati ini semua. tapi dukungan yang paling besar pastinya datang dari keluarga, dan pacar gw. si abang cuma bilang ” TBC udah biasa kok sekarang, yaudah sekarang jalanin aja pengobatannya, hadapin” ehehehhe… pas hari dimana gw didiagnosis dan merasa amat takut itu, Thanks God banget dia bisa dateng nemenin gw. dia meluk dan nenangin gw, bahlan nganterin gw cek di lab.🙂

akibat dari penyakit ini buat kehidupan gw?? hmm….. pertama, gw sempet dijauhin sama temen2 kantor. tapi setelah gw bilang gw nggak semenular itu krn BTA gw negatif, udah nggak dijauhin lagi. ehehhe… meskipun sempet kesel juga sih, kesannya gw apaan gitu. dijauhin krn virus2 aneh ini. kedua, gw jadi sering sakit. kayaknya daya tahan tubuh gw nggak beres gitu. kena hujan dikit langsung pilek. capek dikit langsung pusing2. badan gw jadi sering nggak enak gitu deh. nggak pernah fit. ketiga, ini yang paling nyebelin…… gw nggak bisa nyanyi secara maksimal. selain sering batuk2, napas gw juga jadi nggak panjang. jadi nyanyinya ngos2an gitu. nggak enak banget, padahal itu adalah hobi utama gw😦

yaahh.. gw percaya banget, everything happen for a reason lah. ada rencanaNya dibalik segalanya yang terjadi dalam hidup gw. dan gw yakin, Dia pasti kasih kekuatan sama gw untuk melewati semua ini

🙂

Leave a Reply

