the power of love or PEA


OK. let me share something from my psychology of sexual behavior’s class. jadi minggu kmaren gw di kelas belajar tentang love and attraction, also its impact on our sexual behavior. mbak Zoya, dosenku yang amat cantik itu, membawakan kuliah dengan amat santai.. malah kayak curhat aja. senangg..

one interesting thing is something called PEA (phenylethylamine). ini adalah sebuah neurotransmitter ato apa gitu, pokoknya sesuatu zat yang bikin otak kita bekerja. yang lucu, PEA ini bekerja waktu kita jatuh cinta sama seseorang. this PEA thing can cause you to do something you won’t do in your normal condition. misalnya kalo pengalaman gw yah,  gw kan setahun yang lalu 10 kg lebih berat dari sekarang yah. dulu tuh susaaaaaaaahhh banget ngurusin badan. but, since i met my hunn, gw rela melakukan apa aja (joging, lari, diet, gak ngemil, situp, jungkir balik, anything dehh) supaya dia seneng dan akhirnya gw berhasil nurunin 10 kg (another 10 is waiting, hohohoho).kalo contoh eksstrim yang dikasih dosen gw sih, ada orang yang waktu jatuh cinta rela2 bawain bunga satu truk buat orang yg disuka. padahal kalo dalam keadaan normal bisa aja tuh orang bilang “ih.. nggak banget gw ngelakuin itu”. maybe that’s what called the power of love.

another interesting thing about PEA is, it only could happen to one person and only last for 18 months. jadi.. kalo sekarang PEA gw bekerja cuma buat si hunn, dan itu akan ada selama 18 bulan aja. kalo hubungan kita mau survive lebih lama, harus kita sendiri yang mengusahakannya, tanpa bergantung pada reaksi otak kita dengan si PEA tsb.

kalo menurut mbak Zoya sihh.. mungkin Tuhan membuat si PEA bekerja cuma 18 bulan biar pasangan sempet memiliki masa2 indah penuh kenangan di waktu tsb. kalo udah lewat masa itu, trus lagi dapet masalah dalam hubungan, psangan bisa kembali melihat ke 18 bulan pertama itu. inget waktu manis2nya jatuh cinta dsb. hihihihi… make sense lahhh..

kemaren gw iseng2 waktu ngeliat2 fesbuk orang, gw ngeliatin foto2nya. kalo udah punya pacar, pasti ada deh satu album khusus foto dia sama pasangannya. ada yg gw tau udah pacaran lama, tapi foto2nya masih mesraaaa banget. gw ngeliatnya sampe senyum2. keren bangett.. menurut gw, pasangan yang bisa mempertahankan cintanya segitu lama adalah amat keren.. dan gw tau, pasti itu bukan usaha satu pihak, tapi usaha duaduanya untuk menjaga cinta mereka.

uwahhh… seneng banget melihat cinta2 bermekaran dimana2.

oya, gw gak tau sih si hunn ngerasain si PEA ini ato gak. mungkin iya.. buktinya, jaman dulu tuh ya, jaman2 pedekate tuh, pasti dia nyempetin seminggu sekali ketemu. meskipun dia capeknyaa teramat sangat tapi tetep loh disempetin pergi ke rumah gw. pernah waktu itu dia abis retret  kantor, pas udah capek2nya masih aja dateng ke rumah. meskipun waktu itu nampaknya dia tidur aja, hehehehhehehe…

uh.. jadi kangen kann.. nguik nguik..

Leave a Reply

