gw pengen jadi asertif!


yaahh.. gw lagi bingung. kenapa gw nggak bisa jadi asertif? kenapa gw selalu berada di posisi yang sepertinya lebih rendah dari orang lain? kenapa gw nggak bisa speak up apa yang gw mau, instead of nurutin apa yang orang lain mau?

ahh.. capek juga lama2..

tapi kalo gw mau berubah pun, it takes time..

jadi, gw amat merasa kesulitan untuk mengemukakan sebenernya apa keinginan gw sama orang lain. misalnya, kalo gw disuruh ini itu gw nurut aja, meskipun kadang2 itu nggak pengen gw lakukan. terutama dengan orang2 yang memang punya kepribadian dominan yang senang ngatur2 orang di sekitarnya. gw tau kalo gw tipe orang pasif yang cenderung iya-iya aja dan menghindari konflik. alhasil, kalo gw lagi ditengah2 argumen, gw kebanyakan diem dan nyimpen semuanya dalam hati, karena gw nggak mau konflik semakin besar. tapi gw tau, dengan cara seperti itupun konflik nggak akan selesai. yang harus gw lakukan sebenarnya adalah membicarakan apa yang gw mau atau rasakan, tanpa melanggar hak orang lain. ini yang disebut asertif. misalnya.. pokoknya dicari jalan supaya kedua belah pihak sama-sama senang deh.

another point is, konflik itu sebenernya nggak perlu dihindari. sedikit konflik perlu ada dan memang akan selalu ada karena mana ada manusia yang bener2 sama satu sama lain, sampe-sampe nggak pernah konflik sedikitpun.

gini nih gw, kebanyakan teori tanpa aplikasi di dunia nyata. sebenernya gw kuliah di psikologi harusnya udah dapet guide untuk mengatasi masalah hidup. tapi.. ya inilah, namanya juga manusia..

Leave a Reply

